#YukBelajar! : Merkantilisme

Hello ! 


Tema kali ini adalah Yuk Belajar! seri : Merkantilisme
___________________________________


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , merkantilisme adalah sistem ekonomi untuk menyatukan dan meningkatkan kekayaan keuangan suatu bangsa dengan pengaturan seluruh ekonomi nasional oleh pemerintah. Tujuannya mengumpulkan cadangan emas , memperoleh neraca perdagangan yang baik , mengembangkan pertanian dan industri , dan memegang monopoli atas perdagangan luar negeri. 

Merkantilisme diterakan di benua Eropa sekitar abad ke 16 sampai ke abad 18. Kata merkantilisme sendiri  berasal dari bahasa Inggris yakni "merchant" yang memiliki arti pedagang. Singkatnya , merkantilisme mendorong banyaknya ekspor daripada impor serta ukuran kemakmuran suatu negara terletak pada kemampuan mengumpulkan sebanyak mungkin sumber daya atau modal seperti emas , perak , mineral , bahkan rempah-rempah. 

Ilustrasi

Latar Belakang 

Teori yang mendasari munculnya sistem merkantilisme sebenarnya sangat sederhana, yaitu bahwa dunia memiliki keterbatasan sumberdaya atau kekayaaan (wealth), sehingga mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya menjadi salah satu penilaian untuk menunjukkan kemakmuran suatu negara.

Kemakmuran menjadi sebuah simbol kekuatan sebuah negara, oleh karena itu untuk meningkatkan kekayaan , negara tersebut haruslah melakukan pertukaran kekayaan dengan negara lain melalui perpindahan barang. Perpindahan barang inilah yang sekarang ini dikenal dengan istilah ekspor dan impor.

Paham merkantilisme juga dipercaya sebagai alasan utama banyak negara Eropa yang melakukan kolonialisme atas negara-negara lain yang memiliki kekayaan alam dan sumber-sumber produksi, terutama di wilayah Asia Afrika.

Adapun dampak-dampak lain dari paham merkantilisme antara lain : 
  1. Munculnya uang sebagai alat tukar, setelah pada masa merkantilisme yang digunakan ialah logam mulia.
  2. Lahirnya perdagangan surat berharga, kemudian diikuti bursa efek atau pasar modal.
  3. Latar belakang dibentuknya Lembaga Keuangan Bank di Kota Besar.
  4. Terciptanya perusahaan-perusahaan asuransi untuk melindungi keamanan harta benda.
  5. Gerakan penjajahan di negara-negara yang kaya akan sumber daya alam. Di sinilah awal mula negara kita, Indonesia dijajah oleh bangsa Spanyol, Portugis, Belanda dan lain sebagainya.
https://ngertiaja.com/pengertian-merkantilisme/

Komentar

Postingan Populer