PPKN : Ancaman Budaya Asing

Berdasarkan artikel yang terdapat di bawah ini 

Ancaman negara yang dimaksud adalah ancaman non militer. Ancaman negara bukan hanya bersifat kesenjataan atau militer yang menyebabkan peperangan dan menghancurkan suatu negara. Tetapi bisa juga bersifat non militer seperti mengubah gaya hidup,ideologi, dan keadaan sosial dalam suatu negara. 

Dalam artikel tersebut, ancaman negaranya adalah masuknya budaya korea yang sudah mendarah daging di kebudayaan kita, Indonesia. Contohnya seperti gaya berpakaian yang seperti orang Korea, makanan Korea yang peminatnya banyak, dan masyarakat yang menggila-gilakan idola Korea. Hal ini otomatis merubah keadaan masyarakat yang seharusnya lebih patuh akan aturan, menjadi lebih bebas. Masyarakat menjadi lebih mengagungkan budaya korea dengan mengikuti semua budayanya dan mulai melupakan budaya Indonesia.

Untuk menyikapi ancaman negara tersebut, kita sebagai masyarakat Indonesia perlu menanamkan kesadaran dalam bernegara. Mengambil hal positif dari budaya luar yang tetap sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, misalnya saling menghormati dalam perbedaan. Selain itu bisa juga dengan melestarikan budaya Indonesia. Misalnya mengadakan perlombaan, mengajarkan kebudayaan Indonesia, yang dapat meningkatkan komunikasi akan pentingnya melestarikan budaya. 

Semangat Bela Negara !

Komentar

Postingan Populer