Home Learning Jenuh Gak Sih?

Halo para pembaca !
Gimana kabar kalian ? 
Semoga baik dan sehat selalu ya..
Saya sendiri kabarnya baik :D
Nah kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama belajar di rumah atau bahasa kerennya Social Distancing

Virus Corona atau COVID-19 sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Akibatnya semua kegiatan manusia terhambat karena pemerintah menerapkan istilah Social Distancing alias jarak sosial. Termasuk kegiatan saya sebagai seorang pelajar. Selama hampir 2 minggu saya sekolah di rumah alias Home Learning. Guru-guru memberikan tugas dan materi pelajaran lewat email atau kalau saya pakai Google Classroom. Tanggapan saya awalnya menarik karena saya belum pernah belajar menggunakan metode jarak jauh apalagi dengan teknologi Google Classroom. Jadi awal-awal saya cukup menikmati lah...

Seiring berjalannya waktu, saya merasa tugasnya semakin banyak. Apalagi saya belajar mengikuti jadwal pelajaran dari sekolah yaitu hari Senin-Jumat. Dalam sehari itu ada 3 sampai 4 mata pelajaran. Masing-masing pelajaran tersebut pasti ada tugas dari guru bidang studi. Dan waktu pengumpulannya dibatasi sesuai kehendak gurunya. Jujur, saya merasa kesulitan untuk mengejar tugas-tugas tersebut. Apalagi setiap hari pasti ada saja tugas barunya. Memang sih bisa diatasi dengan langsung mengerjakan tanpa menunda. Tapi saya juga butuh waktu untuk berpikir sehingga hasilnya maksimal.

Hawa-hawa liburan membuat saya tidak terbiasa bangun pagi lagi. Walaupun kegiatan belajar dimulai pukul 08.00 pagi, saya bangun selalu menit-menit terakhir. Kadang 07.30, 07.45. Untungnya saya tidak telat absen karena selalu memeriksa handphone setiap pagi. Yah...inilah rutinitas saya setiap hari selama home learning : 
  1. Bangun pagi lalu langsung memeriksa handphone
  2. Kalau sempat mandi, saya mandi :D heheh pasti kalian yang pelajar juga suka kan meunda mandi saat libur sekolah gini
  3. Kalau ada tugas yang agak mudah biasanya saya langsung kerjakan. Tetapi kalau tugasnya lumayan rumit, saya kerjakan bareng teman. Saya suka bertukar kabar sama teman-teman via telepon.
  4. Setelah mengerjakan semua tugas saya langsung makan. Cukup lelah sih mengerjakan tugas-tugas apalagi menunda lapar. 
  5. Saya juga membantu adik saya mengerjakan PR nya. Dia baru kelas 2 SD dan satu sekolah dengan saya. Selama libur tugas dia ternyata sama banyak dengan saya. Wah..wah sudah kebayang ya betapa ribetnya ?
Memang ya, kesan pertama saya yang bilang home learning itu menarik lama kelamaan semakin memudar ditimpa tumpukan tugas-tugas. Tapi inilah tanggung jawab kita sebagai seorang pelajar ya.. Apapun keadaannya pendidikan tetap urutan pertama. Saya ada tips nih buat para pembaca khususnya pelajar supaya tidak jenuh selama kegiatan home learning. Ini menurut saya saja ya. Kalian boleh mengikuti apa yang kalian suka juga : 
  1. Ciptakan kondisi belajar yang nyaman untuk kalian. Kalau saya sendiri ada tempat kesukaan buat belajar. Contohnya di gambar berikut. 
    Meja Belajar
    Biasanya saya suka belajar di meja belajar saya karena lebih nyaman. 
    Ruang Tengah 
    Selain itu saya suka belajar di ruang tengah karena jaringan internet lebih kencang jadi lebih cepat untuk browsing. 
  2. Belajar sambil mendengarkan musik. Saya tipe orang yang senang mendengarkan musik ketika belajar. Banyak yang bilang kalau hal ini justru akan merusak konsentrasi. Tapi saya sendiri suka karena membantu saya menjadi lebih rileks. 
  3. Kerjakan tugas dengan teman. Eits.. ini bukan mencontek ya tetapi lebih ke diskusi dengan teman via telepon atau pesan. 
  4. Setelah lelah mengerjakan tugas, manjakan diri kalian dengan melakukan kegiatan yang kalian senangi. Misalnya membaca novel atau nonton film di rumah tentunya. 
Oke deh ! Kira-kira itu pengalaman saya selama home learning di rumah. Ada sedikit tips juga untuk kalian. Semoga bermanfaat ya ! Jangan keluar rumah dulu loh.. terapkan #dirumahaja. 

Salam Hangat,
Penulis

Baca juga : 








Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer