Mengapa Kita Perlu Belajar PPKN?

PPKN alias Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang sangat umum diajarkan di berbagai sekolah terutama di Indonesia. Mulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga ke bangku perkuliahan. Materi pembelajaran PPKN mengajarkan kita bagaimana pentingnya hidup berbangsa dan bernegara. Kita hidup dalam sebuah negara yang berprinsip dalam Pancasila maka dari itu semua warga negara Indonesia harus mempelajari dan menerapkan itu agar tidak salah bertindak. Tidak salah jika PPKN menjadi penentu lulus atau tidaknya siswa.
Lambang Negara Indonesia 
Berikut pembahasan mengapa PPKN perlu di pelajari :
  1. Seperti namanya,Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengajarkan kita untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan. Sehingga masyarakat tetap memiliki pedoman dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Misalnya pada sila ke-3 "Persatuan Indonesia" berarti seluruh warga Indonesia dari sabang sampai merauke wajib menerima perbedaan dan tetap bersatu membangun bangsa.
  2. Menjunjung tinggi rasa nasionalisme terhadap negara. Dengan belajar PPKN,pola pikir kita terhadap negara pasti lebih luas. Kita semakin mengetahui lebih dalam tentang negara mulai dari struktur pemerintahan,hukum,hingga upaya untuk mempertahankan negara. Jadi mulai timbul dalam diri kita untuk menjaga keutuhan negara.
  3. Membentuk karakter diri. Karakter yang terbentuk dari pembelajaran PPKN yaitu moral. Moral anak bangsa akan semakin menuju kepada hal yang lebih baik. Karena kita mengetahui peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh negara yang berlaku dalam masyarakat. Sanksi atau hukuman pun akan dijatuhkan kepada siapa saja yang melanggar. Hal ini semakin mempertegas perlunya belajar PPKN. 
  4. Menumbuhkan rasa aktif dalam berpolitik. Masyarakat jadi memiliki kesempatan untuk turut membangun negara melalui aktif politik. Pengetahuan akan politik pun lebih terbuka luas sehingga masyarakat tidak tertinggal perkembangan negara.
  5. Meningkatkan rasa toleransi,saling menghormati, antar sesama warga negara Indonesia. 
Mulai sekarang jangan anggap remeh pelajaran PPKN ya ! 
Tanamkan rasa cinta terhadap tanah air dan juga antar sesama !

Salam Hangat,
Penulis 

Komentar

  1. Setiap warganegara wajib memahami apa yang menjadi hak & kewajibannya terhadap negara.

    BalasHapus
  2. Halo selamat sore, perkenalkan nama saya Stevanny, saya sudah membaca artikel ini dan menurur saya artikel ini sudah bagus untuk referensi tetapi ada sesuatu yang mengganjal bagi saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah saya akan menyampaikan hal yang mengganjal tadi, jadi yang kita ketahui semakin berjalannya waktu semakin dingin rasa persaudaraan kita, semakin banyak celah untuk bersatu, apa daya rakyat belajar PPKN jika dari dalam dirinya tidak ada rasa dorongan untuk bersatu? Sia-sialah guru PPKN yang mengajar subjek tersebut. Dan satu hal lagi, makin kesini saya melihat banyak sekolah yang kurang tegas dalam membentuk karakter anak apalagi dalam 3 mata pelajaran yang penting yaitu BK, BP, dan PPKN, ataupun sosio, saya merasa bahwa anak-anak diluar sana masih menyepelekan subjek PPKN dan materi-materi didalam PPKN sendiri. Maaf jika ada kesalahan kata atau kesalahpahaman, mohon bantu saya untuk memahami lebih lagi, terimakasih.

      Hapus
  3. Terima kasih Stevy, saya akan meluruskan hal ini. Pembelajaran PPKN yang utama sebenarnya adalah mengajarkan untuk tahu sikap dalam bernegara melalui Undang-Undang yang ditetapkan dalam negara. Dan juga belajar PPKN tidak harus juga di sekolah, dengan teknologi kita bisa belajar PPKN dimana saja tidak harus ada guru formal seperti di sekolah. Guru bukanlah menjadi masalah. Lalu menurut saya rasa persaudaraan yang Anda maksud tidak spesifik. Kalau rasa persaudaraan seperti rasa sayang dalam keluarga, seharusnya peran keluarga-lah yang lebih penting. PPKN menjadi dasar utama seseorang dalam bertingkah laku sesuai dengan norma khususnya di Indonesia yang multikultural ini. Mata pelajaran lain yang Anda maksudkan juga, memiliki tujuan yang hampir serupa yaitu membentuk seseorang untuk bertingkah laku benar. Kalau memang banyak orang yang masih buta dalam artian tidak memahami materi pembelajaran dengan benar, ada kesalahan dalam cara mereka bergaul atau di didik di rumah. Karena menurut saya tetap, sebagai warga negara Indonesia yang benar, PPKN menjadi dasar dalam menentukan segala sesuatu yang ada dalam negara itu sendiri.

    BalasHapus
  4. Baiklah saudara rahma terimakasih atas opini anda, saya rasa anda sudah cukup memberikan paradigma baru serta arahan alternatif dari cara saya melihat suatu fenomena, maaf jika sanggahan saya kurang objektif, tetapi terimakasih sekali atas usulan baru ini, anda telah menambah wawasan saya. Terimakasih 👍🏽

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga telah mengunjungi blog saya !

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer