Nilai-Nilai yang Terdapat dalam Cerita Pendek Dua Jantan Oleh W.S. Rendra Menurut Pandangan Rahma Amelia

Pelajaran Bahasa Indonesia hari Selasa, 21 April 2020; kami diminta oleh guru bidang studi Bahasa Indonesia untuk menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek Dua Jantan karangan W.S. Rendra


Menurut pandangan saya, nilai-nilai hidup yang terdapat dalam cerpen tersebut ada 3 yakni:

Pertama Nilai Pendidikan
Nilai dalam cerpen atau novel yang dilatarbelakangi oleh pendidikan atau pengajaran.

Mencintai berarti menambah tanggung jawab. Bahkan,mencintai itu berarti menambah penderitaan. Namun, penderitaan yang mulia. Terkadang cinta tidak selamanya mendapat balasan kebahagiaan. Namun,cinta selamanya menambah kehormatan terhadap martabatnya sebagai manusia. 

Berdasarkan penggalan cerpen di atas,terdapat sebuah nilai pengajaran khususnya untuk para orang tua. Dalam mencintai anak,otomatis orang tua juga perlu melindungi anaknya,merawat,bahkan bertanggung jawab secara penuh sehingga sang anak memiliki hari ke depan yang cemerlang.

Kedua Nilai Etika
Nilai dalam cerpen atau novel yang berhubungan dengan sopan santun dalam aspek kehidupan.

Dengan tangkas dan hati-hati anak itu mematuhi permintaan ayahnya. Ranselnya ditaruhkan di belakang kepada ayahnya sebagai bantal. Setelah semua selesai,lelaki itu menatap mata anaknya dengan tegas,lalu berkata dengan suara tegas pula.

Dari penggalan cerpen tersebut terdapat nilai kesopanan yaitu perilaku Rusli yang taat kepada perintah sang ayah yang menyuruh Rusli untuk membantunya karena ia sedang terluka. 

Ketiga Nilai Perjuangan
Nilai dalam cerpen atau novel yang berhubungan dengan jiwa kepahlawanan atau perjuangan.

"Setiap kali kau memukul,pukullah sekeras mungkin. Jangan memukul dengan ragu-ragu. Kalkun-kalkun itu harus tahu bahwa kau lebih kuat daripada mereka."

Dari kutipan dialog cerpen di atas,terdapat nilai perjuangan yang dilihat dari usaha sang ayah meyakinkan Rusli untuk selalu berjuang melawan kalkun-kalkun yang mengganggu mereka,sehingga Rusli bisa memanggil orang-orang untuk membantu ayahnya.



Komentar

Postingan Populer