Karya Ilmiah : Bab III

Pengaruh Pendidikan Konseling Terhadap Perkembangan Psikologis Pelajar SMA Kasih Karunia


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BAB III 

METODE PENELITIAN 

3.1 Jenis Penelitian 
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif,yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan menggambarkan fakta secara mendalam mengenai hal yang terjadi di lapangan. 

3.2 Metode Penelitian 
Penulis menggunakan metode deskriptif. Dengan metode deskriptif,penulis lebih mudah dalam menjelaskan dan mendeskripsikan maksud dari narasumber.

3.3 Populasi dan Sampel
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa-siswi kelas 11 SMA Kasih Karunia. Sedangkan yang menjadi sampel yaitu 4 siswa-siswi kelas 11 IPA dan 4 siswa-siswi kelas 11 IPS. 

3.4 Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara dengan narasumber. Data ini nantinya akan dikumpulkan sendiri oleh peneliti. Penulis akan menyiapkan pertanyaan-pertanyaan secara tertulis dan sama tiap narasumber. Dengan wawancara,sumber informasi lebih terjaga keasliannya karena langsung dari narasumber tanpa bantuan internet.

Adapun beberapa pertanyaan yang akan diberikan kepada narasumber yaitu :

  1. Menurut Anda apa itu pendidikan konseling?
  2. Pernahkah Anda mempelajarinya?
  3. Apakah Anda menerapkan materi pendidikan konseling dalam bersosialisasi?
  4. Menurut Anda apakah pendidikan konseling berpengaruh dalam perkembangan diri Anda?
  5. Menurut Anda apa yang akan terjadi apabila pendidikan konseling tidak ditekankan dalam pendidikan?
3.5 Teknik Analisis Data 
Setelah membuat beberapa pertanyaan,saya mewawancarai beberapa narasumber untuk saya ambil pendapatnya. Pada tanggal 2 Februari 2020,saya menemui 1 dari 8 narasumber untuk melakukan wawancara.

Komentar

Postingan Populer